Senin, 19 Desember 2016

Makalah Jaringan Komputer Tentang Jenis-jenis Memori Komputer


Contoh Makalah Jaringan Komputer Tentang Jenis-jenis Memori Komputer | Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan sebuah makalah mengenai jaringan komputer. Judulnya yaitu Contoh Makalah Jaringan Komputer Tentang Jenis-jeenis Memori Komputer. Anda dapat menggunakannya sebagai referensi saat pembuatan makalah yang sedang anda lakukan. Oke langsung saja lihat cuplikan dari makalah tersebut.
Anda juga dapat mendownloadnya melalui link di bawah ini :
Contoh Makalah Jaringan Komputer Tentang Jenis-jenis Memori Komputer.doc

BAB I PENDAHULUAN




I. Latar Belakang
Memori komputer merupakan bagian terpenting dari komponen komputer yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan informasi yang harus diatur dan dijaga sebaik-baiknya. Memori juga di artikan sebagai perangkat yang amat penting dalam sistem berbasis mikroprosesor, mikrokontroller, maupun PC. Memori digunakan untuk menyimpan data baik yang digunakan sebagai program maupun sebagai penyimpan data yang diproses oleh CPU. Pengertian menurut istilah memory biasanya merujuk pada media atau tempat untuk menyimpan data. Yang dapat dikatakan bahwa memori merupakan perangkat keras yang khas digunakan untuk menyimpan data atau informasi dan dapat dibaca atau diambil kembali saat diperlukan.


Pada komputer, program (software) yang sedang dijalankan (di-run) dan data yang sedang diproses, disimpan di dalam memori selama program tadi masih aktif bekerja. Memori itu sendiri sebenarnya terdiri dari ‘kotak-kotak’ untuk menyimpan data (karakter). Masing-masing kotak tersebut memiliki alamat atau address sendiri. Dengan menggunakan address inilah CPU dapat membaca atau menulis data pada memori. Kecepatan pergerakan data keluar masuk memori biasanya sepadan dengan kecepatan kerja CPU itu sendiri. CPU dan memori merupakan bagian yang tak terpisahkan dari sebuah komputer.Secara fisik (hardware), kebanyakan memori berupa chip semikonduktor. Sampai sekarang, terdapat banyak jenis memori yang masing-masing mempunyai sifat atau karakteristik yang khas, walaupun suluruhnya tetap memiliki fungsi pokok, yaitu menyimpan data.


RAM (Random Acess Memory) adalah sebuah perangkat keras yang berfungsi menyimpan data dan instruksi program yang akan dan sudah dieksekusi oleh prosesor. Penyimpanan RAM bersifat sementara, ini artinya setelah komputer dimatikan, RAM akan dikosongkan lalu akan diisi data baru yang diperlukan saat komputer dinyalakan dan dipergunakan. Berbeda dengan tape magnetik atau disk yang harus diakses secara berurutan, isi dari RAM dapat diakses secara random atau tidak mengacu pada letak datanya. Hal ini yang membuat RAM lebih cepat daripada harddisk atau media penyimpanan lainnya.


RAM sendiri sering disebut sebagai memori utama atau main memory, memori primer atau primary memory atau memori internal, atau hanya disebut memori, meskipun ada beberapa jenis memori yang terpasang pada komputer tersebut.




II. RUMUSAN MASALAH


Adapun masalah yang kami ambil dalam makalah ini, yaitu jenis-jenis memori, fungsi memori, kelebihan dan kekurangan memori.




III. TUJUAN


Adapun tujuan penulisan dalam makalah ini, yaitu untuk mengetahui jenis-jenis memori, kelebihan dan kekurangan dari setiap jenis-jenis memori.



BAB II PEMBAHASAN




Jenis-jenis RAM


1. DIMM


DIMM (dual in-line memory module) – Berkapasitas 168 pin, kedua belah modul memori ini aktif, setiap permukaan adalah 84 pin. Ini berbeda daripada SIMM yang hanya berfungsi pada sebelah modul saja. Mensuport 64 bit penghantaran data. SDRAM (synchronous DRAM) menggunakan DIMM. Merupakan penganti dari DRAM, FPM (fast page memory) dan EDO.


Ø Kelebihan


· Terdapat dalam dua kecepatan yaitu 100MHz (PC100) dan 133MHz (PC133). DIMM 168 PIN.


· SDRAM pengatur (synchronizes) memori supaya sama dengan CPU clock untuk pemindahan data yang lebih cepat.


Ø Kekurangan


· Hanya berfungsi pada sebelah modul saja.




2. DRAM (Dynamic Random Access Memory)



DRAM (Dynamic Random Access Memory) adalah jenis RAM yang secara berkala harus disegarkan oleh CPU agar data yang terkandung didalamnya tidak hilang. Dinamakan Dynamic karena jenis memori ini pada setiap interval waktu tertentu, selalu memperbarui keabsahan informasi atau isinya. DRAM mempunyai frekuensi kerja yang bervariasi, yaitu antara 4,77MHz hingga 40MHz.


Ø Kelebihan


· Kesederhanaan struktural, hanya satu transistor dan kapasitor yang diperlukan per bit, dibandingkan dengan enam transistor di SRAM.


· Mencapai kepadatan yang tinggi.


· Setiap sel harus periodik membaca dan kemudian ditulis ulang (refresh). Setiap sel harus di-refresh berkali-kali setiap detik (~ 65 ms).


· Digunakan secara luas dalam unit memori komputer karena densitas tinggi dan biaya yang cukup rendah.


· Sel DRAM lebih kecil dari SRAM.


· Harganya lebih murah dan mengkonsumsi sedikit tenaga listrik


Ø Kekurangan

Data membutuhkan menyegarkan

Sirkuit eksternal yang lebih kompleks yang dibutuhkan (membaca dan me-refresh secara periodik)

Relatif lambat kecepatan operasional




3. ECC RAM (Error-correcting code RAM)


Error-correcting code (ECC) Memory adalah type RAM yang dapat mendeteksi dan mem-perbaiki error / kesalahan yang terjadi pada memory internal karena adanya data yang corrupt saat system sedang beroperasi. RAM jenis ECC memory, saat ini baru tersedia untuk Server karena hanya beberapa motherboard dan processor khusus server yang mensupport penggunaan technology ECC memory ini. Untuk membedakan RAM ECC dan non-ECC dapat dilakukan dengan menghitung jumlah chip memory yang berwarna hitam pada setiap modul RAM. ECC memory memiliki jumlah chip yang habis dibagi tiga atau lima.


PC biasa belum bisa menggunakan teknologi ini, disamping penggunaannya harus didukung oleh motherboard dan processor yang sesuai, juga harganya yang cukup mahal, sekitar 2x harga ram biasa (non-ECC) serta menggunakan RAM ECC Memory ini, menurunkan kinerja system sekitar 2 persen. Tetapi, teknologi yang ada saat ini sudah sangat stabil, sehingga kesalahan memori jarang sekali terjadi.


Teknologi Error-correcting code atau ECC Memory ini memang dikhususkan untuk server yang membutuhkan stabilitas yang tinggi. RAM ECC Memory juga memiliki sebuah register. Register berfungsi untuk meningkatkan performa RAM dalam menangani transfer data skala besar yang umum digunakan pada server. Modul ECC Register biasanya memiliki sebuah IC tambahan dengan posisi horizontal (melintang) pada PCB (Printed Circuit Board)-nya. IC ini berfungsi sebagai register, yaitu menahan satu clock-cycle data sebelum dikirimkan ke Motherboard.


Ø Kelebihan


· mendeteksi bit yang corupt dan memperbaikinya sehingga blue screen of death (BSOD) tidak akan terjadi.


· RAM ECC memiliki jumlah IC (integrated circuit) 9 dan 18 buah


Ø Kekurangan

Baru tersedia untuk Server karena hanya beberapa motherboard dan processor khusus server yang mensupport penggunaan technology ECC memory

4. EDO RAM



EDORAM (Extended Data Out Random Accses Memory) adalah jenis RAM yang dapat menyimpan dan mengambil isi memori secara bersamaan, sehingga kecepatan baca tulisnya pun menjadi lebih cepat. Umumnya digunakan pada PC terdahulu sebagai pengganti Fast Page Memory (FPM) RAM.


Ø Kelebihan


· Sedikit lebih cepat daripada memori FPM.


· Di pasaran, harganya lebih murah dari FPM meskipun lebih baru dan lebih cepat.


· Mengurangi waktu latency.


· Dapat mempersingkat read cycle-nya sehingga dapat meningkatkan kinerjanya sekitar 20 persen.


· Memiliki kemampuan yang lebih cepat dalam membaca dan mentranfer data dibandingkan dengan RAM biasa


Ø Kekurangan


· Bentuk EDO-RAM lebih panjang daripada RAM yaitu bentuk Single Inline Memory Modul (SIMM).

5. SDRAM



SDRAM (Sychronous Dynamic RAM) adalah jenis RAM yang merupakan kelanjutan dari DRAM namun telah disnkronisasi oleh clock sistem dan memiliki kecepatan lebih tinggi daripada DRAM. SDRAM adalah memori yang dapat mengases data atau informasi lebih cepat dari EDO-RAM. Merupakan model/type memory yang paling bertahan lama karena lamanya RAM ini beredar di pasaran dan tak terganti-gantikan oleh jenis memory yang baru. Memori ini muncul dari awal tahun 1996 sampai sekitar tahun 2001 masih saja digunakan oleh platfrom dari mainboard yang dikeluarkan pada saat itu. Dari komputer Pentium I,II,III, sampai pada awal kemunculan komputer Pentium IV.


Ø Kelebihan


· Digunakan dengan kecepatan clock diatas 100 MHz.


· Didesain untuk memenuhi syarat prosesor yang tersedia secara komersial yang digunakan dalam volume besar.


· Kecepatan lebih tinggi dari pada DRAM.


· Dapat digunakan terutama dalam cache.


Ø Kekurangan


· Bersifat antarmuka sinkron, artinya menunggu untuk pulsa jam sebelum menanggapi masukan kontrolnya.


· Mensingkronkan dirinya ke jam sendiri internal komputer.




6. DDR SDRAM





DDR SDRAM (double-data-rate SDRAM) –DDR SDRAM adalah tipe memori generasi penerus SDRAM, yang memiliki kemampuan dua kali lebih cepat dari SDRAM. Slot memori yang digunakan DDR SDRAM memiliki jumlah pin lebih banyak dari SDRAM, memory ini memilki karakteristik clock FSB 266/333/400 MHz, 184-pin, 2.5 Volt, di pakai pada komputer berplatfrom Pentium IV ke atas atau sejenisnya adalah merupakan hasil regenerasi dari SD RAM, memiliki kecepatan 2x dari SDRAM sesuai dengan lamanya Double Data Rate hal ini disebabkan dalam 1 clock mampu membawa/mengakses jumlah data sebanyak 2 bit di banding SD RAM yang hanya mampu menampung data sebesar 1 bit per clocknya, memori ini dibuat untuk menyaingi RD RAM memori yang sudah terlebih dahulu keluar dan sekarang sudah menjadi penguasa pasar The King of Memory. Perkembangan memory ini pun tergolong cepat sekarang saja sudah sampai generasi ke lima (DDR , DDRII, DDRIII, DDR IV, DDR V).


Ø Kelebihan


· Mengeksekusi dua kali untuk setiap centang dari bus Memory.


· Transfer yang lebih cepat dari SDRAM.


· Efektif menggandakan kecepatan bus sistem.


· Mencapai tingkat data yang lebih cepat..


· Mengkonsumsi daya yang lebih kecil.




7. DRD RAM (RDRAM)





RDRAM (Rambus Dynamic RAM) adalah jenis memory yang lebih cepat dan lebih mahal dari pada SDRAM. Memory ini bisa digunakan pada sistem yang menggunakan Pentium 4. RDRAM adalah sebuah memori berkecepatan tinggi, digunaan untuk mendukung prosesor Pentium 4.tipe RDRAM menggunakan slot RIMM, yang mirip dengan slot SDRAM. RAM yang dikembangkan oleh perusahaan Rambus memiliki karakteristik mampu berjalan pada clock FSB 800/1066, 184-pin ,dan menggunakan daya listrik sebesar 2.5 Volt, perbedaan utama dibanding DDR RAM terletak pada bagaimana cara memoy ini mengolah datanya. Pada RD RAM data di olah secara Serial sedangkan DDR RAM mengolah datanya secara pararel, RD RAM lah yang pertama kali memakai teknologi Dual Channel, walau memiliki performa yang bagus RD RAM sudah jarang digunakan lagi karena harganya tergolong mahal awal keluar pada tahun 1999.


Ø Kelebihan


· Mampu mengalirkan data sebesar 1,6GB per detiknya, (1GB = 1000MHz).


· Transfer data rate DDR yang lebih cepat dari SDRAM.


Ø Kekurangan


· Harganya tergolong mahal


· Tidak dapat dimanfaatkan oleh sistem chipset dan prosessor.




8. DDR2 SDRAM



Ketika memori jenis DDR (Double Data Rate) dirasakan mulai melambat dengan semakin cepatnya kinerja prosesor dan prosesor grafik, kehadiran memori DDR2 merupakan kemajuan logis dalam teknologi memori mengacu pada penambahan kecepatan serta antisipasi semakin lebarnya jalur akses segitiga prosesor, memori, dan antarmuka grafik (graphic card) yang hadir dengan kecepatan komputasi yang berlipat ganda.


Perbedaan pokok antara DDR dan DDR2 adalah pada kecepatan data serta peningkatan latency mencapai dua kali lipat. Perubahan ini memang dimaksudkan untuk menghasilkan kecepatan secara maksimum dalam sebuah lingkungan komputasi yang semakin cepat, baik di sisi prosesor maupun grafik.


Selain itu, kebutuhan voltase DDR2 juga menurun. Kalau pada DDR kebutuhan voltase tercatat 2,5 Volt, pada DDR2 kebutuhan ini hanya mencapai 1,8 Volt. Artinya, kemajuan teknologi pada DDR2 ini membutuhkan tenaga listrik yang lebih sedikit untuk menulis dan membaca pada memori.


Teknologi DDR2 sendiri lebih dulu digunakan pada beberapa perangkat antarmuka grafik, dan baru pada akhirnya diperkenalkan penggunaannya pada teknologi RAM. Dan teknologi DDR2 ini tidak kompatibel dengan memori DDR sehingga penggunaannya pun hanya bisa dilakukan pada komputer yang memang mendukung DDR2.


Ø Kelebihan


· DDR2 SDRAM memberikan transfer rate maksimum sebesar 3200 MB / s .


· Kecepatan bus yang lebih tinggi dan membutuhkan daya yang rendah


· frekuensi transfer antara 400 MHz sampai 1966 MHz. yang memerlukan voltase 1,8 V.


Ø Kekurangan


· RAM DDR2 memiliki kinerja rendah.




9. FAT


FAT adalah singkatan dari File Allocation Table yang artinya Tabel Alokasi Berkas adalah sebuah sistem berkas yang menggunakan struktur tabel alokasi berkas sebagai cara beroperasinya. FAT Pertamakali di kembangkan oleh Bill Gates (Microsoft) dan Marc McDonald pad tahun 1976-1977. Lalu dikenalkan oleh MS-DOS pada tahun 1981. Sistem berkas ini merupakan berkas utama untuk sistem operasi yang ada saat itu. FAT sekarang banyak digunakan secara luas dalam sistem komputer dan kartu-kartu memori yang digunakan dalam kamera digital dan pemutar media portable.


Sistem berkas ini digunakan oleh oleh sistem operasi MS-DOS (hanya versi FAT12 dan FAT16), Windows (hampir semua versi Windows; untuk versi FAT yang didukung olehnya lihat pada bagian versi), GNU/Linux, dan masih banyak sistem operasi lainnya yang juga mendukung, termasuk Macintosh Mac OS/X.


Ø Kelebihan


· Dapat berkerja pada sistem opersi yang berbeda.


· Dapat menampung jumlah cluster yang lebih banyak di banding FAT 16.


Ø Kekurangan


· Tidak dapat mendukung semua sistem operasi.


· Tidak ada fitur keamanan.


· Tidak ada fitur kompresi data.


· Tidak ada emkripsi data.




10. NTFS


NTFS atau New Technology File System , merupakan sebuah sistem berkas yang dibekalkan oleh Microsoft dalam keluarga sistem operasiWindows NT, yang terdiri dari Windows NT 3.x (NT 3.1, NT 3.50, NT 3.51), Windows NT 4.x (NT 4.0 dengan semua service pack miliknya), Windows NT 5.x (Windows 2000, Windows XP, dan Windows Server 2003), serta Windows NT 6.x (Windows Vista, Windows 7).


Sistem berkas NTFS memiliki sebuah desain yang sederhana tapi memiliki kemampuan yang lebih dibandingkan keluarga sistem berkas FAT. NTFS menawarkan beberapa fitur yang dibutuhkan dalam sebuah lingkungan yang terdistribusi, seperti halnya pengaturan akses (access control) siapa saja yang berhak mengakses sebuah berkas atau direktori, penetapan kuota berapa banyak setiap pengguna dapat menggunakan kapasitas hard disk, fitur enkripsi, serta toleransi terhadap kesalahan (fault tolerance). Fitur-fitur standar sebuah sistem berkas, seperti halnya directory hashing, directory caching, penggunaan atribut direktori, dan atribut berkas tentu saja telah dimiliki oleh NTFS. Bahkan, Microsoft telah menambahkan kemampuan yang hebat ke dalam NTFS agar memiliki kinerja yang tinggi, lebih tinggi daripada sistem berkas yang sebelumnya semacam HPFS atau FAT, khususnya pada ukuran volume yang besar, tetapi juga tetap mempertahankan kemudahan pengoperasiannya. Salah satu keunggulan NTFS dibandingkan dengan sistem berkas lainnya adalah bahwa NTFS bersifat extensible (dapat diperluas) dengan menambahkan sebuah fungsi yang baru di dalam sistem operasi, tanpa harus merombak desain secara keseluruhan (perombakan mungkin dilakukan, tapi tidak secara signifikan).


Ø Kelebihan


· Dapat mengatur kuota volume untuk setiap pengguna


· Mendukung sistem berkas terenkripsi secara transparan dengan menggunakan beberapa jenis algoritma enkripsi yang umum digunakan.


· Mendukung kompresi data yang transparan meskipun tidak memiliki rasio yang besar, dapat digunakan untuk menghemat penggunaan ruangan harddisk.


· Mendukung penamaan berkas dengan metode pengodean Unicode (16-bit).


Ø Kekurangan


· Tidak support dengan banyak sisterm opersi.


· Tidak bisa terdeteksi ketiaka melakikan boot dengan floopy.



BAB III PENUTUP


A. KESIMPULAN


Berdasarkan pembahasan di atas dapat disimpulkan bahwa di komputer terdapat berbagai jenis Memori yang sangat menunjang kerja sistem komputer. Memori dalam komputer sangat berguna, semakin besar kapasitas memori dalam komputer, maka akan semakin tinggi kecepatannya.


B. SARAN


Dalam hal ini kami sedikit memberikan saran yakni, bagi teman-teman yang ingin mempelajari komputer, maka hal yang perlu di ketahui sebelum mempelajari cara kerja komputer, kita harus mengetahui terlebih dahulu jenis memori yang ada didalam komputer.


Demikianlah artikel kami mengenai Contoh Makalah Jaringan Komputer Tentang Jenis-jenis Memori Komputer. Anda dapat menggunakannya sebagai referensi saat pembuatan makalah yang sedang anda lakukan. Demikianlah Contoh Makalah Jaringan Komputer Tentang Jenis-jenis Memori Komputer
\

Makalah Dan Kisi kisi

Seputar Makalah dan Kisi kisi,forex,tranding forex,car,asuransi syariah,belajar tranding forex

 
About | Contact | Sitemap | Privacy
Back To Top