Sunday, August 13, 2017

Tutorial Metamorfosis Fauna Yang wajib kalian Baca

Ada banyak hal yang Bisa kita pelajari sebelum membahas mengenai Tutorial Metamorfosis Fauna ini, kenyataannya kita wajib membaca Sebab dalam kehidupan kita sehari-hari kita wajib menjalankan banyak hal yang belum tentu kita ketahui bagaimana caranya. Misalnya, supaya mampu menyampaikan keinginan kita kepada orang lain dengan bagus dan benar, kita wajib mengetahui Tutorial berkomunikasi. supaya Bisa berkomunikasi, kita wajib Bisa membaca dan menulis. Sebelum membahas mengenai Tutorial Metamorfosis Fauna, Saat ini, Bisa disimpulkan bahwa hanya membuka pemikiran kita untuk belajar kita Bisa mengatasi masalah yang kita hadapi setiap hari. Kita membaca, akan mengubah diri kita, dari belum memahami, atau belum ahli di hal tertentu, supaya kita Bisa menyelesaikan segala sesuatu dalam kehidupan kita dan membuat kita semakin berbobot.

Tutorial Metamorfosis Fauna

IPA > IPA SD > Daur Hidup Makhluk Hidup
Artikel kali ini akan mempelajari mengenai Tutorial Metamorfosis Fauna. 
Tahukah kalian bentuk awal kupu-kupu? Kupu-kupu yang baru lahir yaitu ulat. Ulat mempunyai tak sama dengan kupu-kupu. Tahap perubahan bentuk yang sangat berbeda yan dialami Fauna sejak menetas hingga menjadi Fauna dewasa disebut metamorfosis. Untuk lebih memahami simaklah materi di bawah ini
Berdasarkan ada tidaknya metamorposis di Fauna, dikelompokkan menjadi dua, yaitu dengan metamorfosis dan tak metamorfosis.

Tanpa Metamorfosis
a. Daur hidup Kelinci
Tanpa Metamorfosis - Kelinci
Kelinci
Kelinci menghasilkan anak dengan Tutorial beranak (melahirkan). Sebelemunya anaknya lahir, Kelinci dewasa menjalani masa mengandung selama kira-kira tiga bulan. Setelah itu, lahirlah anak kelinci yang belum Bisa bergerak dengan linca. Anak kelinci tak Bisa makan, mereka hanya menyusu ke induknya. Setelah umurnya lebih dari sebulan, anak kelinci baru Bisa makan makanan lain. Sejak lahir hingga dewasa bentuk kucing tak berubah. Hanya ukuran tubuhnya aja yang bertambah.

b. Daur hidup Komodo
Tanpa Metamorfosis - Komodo
Komodo
Komodo banyak hidup di pulau komodo, Indonesia. Komodo menghasilkan anak dengan Tutorial bertelur. Telur disembunyikan di dalam tanah yang hangat oleh induknya. Setelah pertumbuhan bakal anak komodo di dalam telah sempurna, telur menetas menjadi anak komodo. Semakin lama anak komodo semakin besar.



c. Daur hidup Kanguru
Tanpa Metamorfosis - KanguruKanguru mengahasilkan anak dengan Tutorial beranak (melahirkan). Berbeda dengan kucing, kanguru mengandung kira-kira hanya sebulan. Anak kanguru yang baru lahir sangat kecil dan lemah. Begitu keluar dari tubuh induknya, anak kanguru bergerak perlahan ke kantong induknya yang ada di depan perut. Di kantong itu, anak kanguru menyusu hingga berbulan-bulan. Setelah tubuhnya cukup besar, barulah anak kanguru keluar dari kantong induknya.
Daur Hidup Dengan Metamorfosis
Fauna bermetamorfosis terbagai menjadi dua golongan, yaitu metamorfosis sempurna dan metamorfosis tak sempurna.
1. Metamorfosis Sempurna
Fauna yang bermetamorfosis sempurna yaitu Fauna yang menjalani tahap pupa (kepompong). Metamorfosis sempurna antara lain nyamuk, kupu-kupu, ngengat, dan lalat. Untuk mengetahui metamorfosis sempurna lihatlah daur dari Fauna di bawah ini;

a. Daur hidup kupu-kupu
Metamorfosis Sempurna Kupu-Kupu
Kupu-Kupu
Metamorfosis Sempurna Kepompong
Kepompong
Daur hidup kupu-kupu diawali dari telur. Telur kupu-kupu biasanya di atas permukaan daun akan tetapi ada juga didalam tanah. telur menetas menjadi ulat. Ulat memakan dedaunan untuk mempertahankan hidupnya. Ulat semakin lama makan semakin sedikit. Akhirnya, ulat berhenti makan dan tampak tak bergerak. Akhirnya, ulat tersebut tak makan dan membungkus tubuhnya dengan air lirunya yang menyerupai
Metamorfosis Sempurna Ulat
Ulat
benang. air liurnya mengeras membentuk bahan semacam benang sustra. benang-benang itu Inheren di daun atau batang. Akhirnya, benang-benang tersebut menutupi seluruh tubuhnya. Inilah yang disebut kepompong. Dalam masa kepompong tak makan dan bergerak hingga berhari-hari. bila ulat telah diubah menjadi sempurna, kupu-kupu keluar dari kepompong. Kupu-kupu muda berubah menjadi dewasa dan berelur. Kupu-kupu hidup dengan memakan nektar bunga.


Daur hidup kupu-kupu: Telur -> Ulat -> Kupu-kupu
b. Daur hidup nyamuk
Metamorfosis Sempurna Larva Nyamuk
Larva Nyamuk
Metamorfosis Sempurna Nyamuk
Nyamuk
Daur hidup nyamuk diawali dari telur. telur nyamuk biasanya ada di dalam air. Telur nyamuk menetas menjadi jentik-jentik.
Jentik-jentik hidup di dalam air. Jentik-jentik hidup dengan memakan makhluk hidup yang berada di air. Jentik-jentik tumbuh menjadi pupa. Pupa seperti kepompong tak bergerak. Pupa bergerak Sebab dorongan gerakan air. Selanjutnya, pupa berubah menjadi nyamuk. Nyamuk terbang di udara. Nyamuk akan bertelur di air.
Daur hidup nyamuk : Telur -> Jentik-Jenitk -> Pupa -> Nyamuk
c. Daur hidup Lalat
Metamorfosis Sempurna Lalat
Lalat
Daur hidup lalat dimulai dari telur. Telur lalat biasanya berada di tempat-tempat yang kotor, misalnya di tempat sampah atau suatu yang berbau busuk. Lalat juga meletakkan telurnya di tempat makanan. Telur yang menetas menjadi belatung. Bentuk belatung seperti ulat kecil. Belatung makan dimana mereka berada, misalnya tempat yang kotor atau makanan yang terbuka. Belatung berubah menjadi pupa. Pupa tak bergerak. Setelah beberapa hari, pupa berubah menjadi lalat. Lalat berkembang biak dengan cara bertelur.
Daur hdiup lalat : Belatung -> pupa -> Lalat
Metamorfosis tak Sempurna
Fauna yang menjalani metamorfosis tak sempurna yaitu Fauna yang tak menjalani tahap pupa (Kepompong). Metamorfosis tak sempurna antara lain kodok, katak, kecoak, belalang, dan kumbang.
a. Daur hidup belalang
Metamorfosis tak Sempurna Belalang Dewasa
Belalang Dewasa
Metamorfosis tak Sempurna Belalang
Belalang tak Bersayap

Daur hidup belalang diawali dari telur. Telur belalang barada di dalam tanah. Telur setelah itu menetas menjadi belalang muda. Belalang muda hampir sama dengan belalang dewasa, akan tetapi tak mempunyai sayap. Belalang muda akan berganti kulit berapa kali dan hingga akhirnya menjadi belalang dewasa.
Daur hidup belalang : Telur -> Belalang Muda -> Belalang Dewasa
b. Daur hidup Kodok
Metamorfosis tak Sempurna Kodok
Kodok
Kodok hidup di dua alam, yaitu di darat dan di air sehingga disebut Fauna amfibi. Kodok tak Bisa hidup di darat aja atau di air aja.
Daur hidup katak dimulai dari telur. Telur berada di air. Telur menetas menjadi kecebong. Kecebong hidup di dalam air Sebab kecebong bernapas dengan insang. Kecebong tak Bisa hidup di darat.
setelah itu, di kecebong sepanjang tubuhnya tumbuh sepasang kaki. setelah itu, ekor kecebong mulai menghilang dan jadilah kodok muda. Kodok muda berubah menjadi kodok dewasa. Kodok dewasa bernapas dengan paru-paru dan kulit. Kodok dewasa hidup di dua alam. Kodok bertelur di dalam air.
Daur Hidup Kodok
Daur HIdup Kodok
Daur hidup Kodok : Telur --> Kecebong --> Kodok Muda --> Kodok Dewasa
c. Daur hidup kecoak
Metamorfosis tak Sempurna Kecoak
Kecoak
Daur hidup kecoak dimulai dari telur. Telur kecoak menetas menjadi kecoak muda. Bentuk kecoak muda hampir sama dengan kecoak dewasa, akan tetapi kecoak muda tak bersayap sedangkan kecoak dewasa bersayap. Kecoak muda tumbuh menjadi kecoak dewasa. Kecoak dewasa mempunyai sayap. Kecoak dewasa Bisa terbang. Kecoak dewasa bertelur di air yang kotor.
Sumber :  http://www.volac.net/2017/07/tutorial-metamorfosis-fauna-yang-wajib.html
\

Makalah Dan Kisi kisi

Seputar Makalah dan Kisi kisi

 
About | Contact | Sitemap | Privacy
Back To Top